Rabu, 06 Jan 2021 06:40 WIB

Deretan Diet Terbaik dan Terburuk untuk 2021

Zintan Prihatini - detikHealth
penyebab payudara mengendur Diet terbaik dan terburuk 2021 (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

US News and World Report merilis daftar diet terbaik yang bisa dijalani di 2021. Daftar ini dibuat setiap tahunnya oleh ahli yang mengevaluasi diet modern dan populer berdasarkan keamanan, kemudahan, nilai gizi, dan seberapa efektif diet untuk mengurangi berat badan.

Diet terbaik juga harus efektif dalam mencegah diabetes dan penyakit jantung dengan bukti studi yang dipublikasikan. Ada daftar empat diet teratas, yang direkomendasikan ahli diet untuk dijalani di tahun ini.

Dikutip dari Health, berikut empat diet terbaik untuk dilakukan di 2021.

1. Diet Mediterania

Diet Mediterania mungkin berada di urutan teratas lagi tahun ini. Pola makan ini telah lama dianggap memiliki cukup nutrisi, mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan, menjaga kualitas tidur, dan mencegah depresi.

Diet ini kaya akan sayuran, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan membatasi makanan olahan seperti gula serta daging merah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tinggal di negara-negara berbatasan dengan laut Mediterania, dan terus makan makanan tradisional kawasan itu, hidup lebih lama dan memiliki tingkat penyakit kronis yang lebih rendah, termasuk penyakit jantung.

2. Diet DASH

DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, namun bukan hanya untuk orang dengan hipertensi. Serupa dengan diet Mediterania, pola makan ini sangat spesifik.

Selain efektif untuk menurunkan tekanan darah, DASH telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan, melindungi kesehatan jantung, menurunkan risiko diabetes tipe 2, sindrom metabolik, dan kanker. DASH merekomendasikan porsi tertentu dari kelompok makanan, tergantung pada kebutuhan kalori harian seseorang.

3. Diet flextarian

Pola makan ini pada dasarnya adalah vegetarian dengan sesekali mengonsumsi daging atau ikan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa pola makan nabati terkait dengan penurunan berat badan dan penurunan penyakit kronis, meningkatkan kesehatan metabolik, menurunkan tekanan darah, dan risiko diabetes tipe 2.

Cara terbaik untuk mengikuti diet ini adalah memaksimalkan asupan makanan nabati utuh dan meminimalkan makanan yang diproses. Pilih hidangan seperti biji-bijian, sayuran hijau, dan quinoa.

4. Diet Mayo Clinic

Diet Mayo Clinic berasal dari pusat medis akademis Amerika yang berfokus pada perawatan kesehatan, pendidikan, dan penelitian terintegrasi. Diet ini didukung oleh buku dan situs Web, didasarkan pada kebiasaan sehat dan didukung penelitian.

Jika ingin mencobanya, lakukan olahraga selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu, makan lebih banyak makanan utuh, termasuk sayuran, buah, biji-bijian, lemak sehat, dan membatasi asupan gula.

Lalu apa saja diet terburuk untuk dilakukan di 2021? Cek halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]