ADVERTISEMENT

Rabu, 21 Sep 2022 13:30 WIB

Body Goals Sandra Dewi Bikin Iri, Ternyata Diet Golongan Darah! Intip Resepnya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
sandra dewi golongan darah Sandra Dewi. Foto: Instagram @sandradewi88
Jakarta -

Sandra Dewi masih terlihat langsing meski sudah memasuki usia kepala tiga. Ternyata, ia menjalani diet yang sesuai dengan golongan darahnya.

Sandra Dewi terapkan menu diet sesuai kebutuhan tubuh bergolongan darah O yakni mengonsumsi lebih banyak sayur, daging, dan buah-buahan. Rahasia dietnya ini sudah diterapkan sejak lama. Setiap merasa berat badan naik, ia langsung bergegas menerapkan cara diet andalannya ini.

Apa itu diet golongan darah?

Dikutip dari WebMD, diet golongan darah digagas oleh seorang dokter dan ahli nutrisi bernama Peter J D'Adamo. D'Adamo mengklaim bahwa makanan yang kita makan bereaksi secara kimiawi dengan golongan darah. Jika mengikuti diet yang dirancang untuk golongan darah masing-masing, tubuh akan mencerna makanan lebih efisien.

Apa manfaat diet golongan darah?

Diet ini diklaim mampu menurunkan berat badan, memiliki lebih banyak energi, dan membantu mencegah penyakit. Selain itu, tubuh juga disebut mencerna makanan lebih maksimal.

Apa yang harus dikonsumsi?

Diet ini merekomendasikan mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan golongan darah masing-masing. Berikut ini rekomendasi asupan yang dibuat D'Adamo sesuai golongan darah masing-masing.

Golongan darah O

Diet protein tinggi dengan daging tanpa lemak, unggas, ikan, dan sayuran. Konsumsi sedikit biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu.

Golongan darah A

Diet bebas daging dan mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. D'Adamo menyarankan mengkonsumsi bahan yang organik dan masih segar.

Golongan darah B

Hindari jagung, gandum, soba, lentil, tomat, kacang tanah, dan biji wijen. D'am Adamo juga tak merekomendasikan ayam untuk golongan darah ini. Dia merekomendasikan makan sayuran hijau, telur, daging tertentu, dan susu rendah lemak.

Golongan darah AB

Berfokus pada makanan seperti tahu, makanan laut, susu, dan sayuran hijau. Dia mengatakan orang dengan darah tipe AB cenderung memiliki asam lambung rendah. Hindari kafein, alkohol, dan daging yang diasapi.

NEXT: Diet golongan darah terbukti efektif?

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT