Minggu, 26 Jul 2020 06:38 WIB

Gowes Seperti Apa Sih yang Sering Bikin Jantung Kolaps?

Ayunda Septiani - detikHealth
Jalur kawasan khusus pesepeda masih diberlakukan di sejumlah titik Ibu Kota hari ini. Salah satunya berada di kawasan Banjir Kanal Timur (BKT). Pesepeda melintas di jalanan ibukota (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Belakangan, tren bersepeda menjadi primadona di masa pandemi Corona. Banyak yang memulai olahraga sepeda ingin membiasakan hidup sehat.

Namun sedihnya, kabar pegowes kolaps saat bersepeda bermunculan hampir setiap hari. Sebagian besar di antaranya terjadi karena serangan jantung.

Gowes seperti apa sih yang bisa memicu jantung kolaps?

Ahli jantung dari Siloam Hospital Lippo Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP mengatakan ada berbagai penyebab jantung kolaps saat bersepeda. Namun yang paling utama, biasanya pegowes tidak mengukur kemampuan tubuhnya.

"Yang memicu kolaps itu biasanya kalau tidak ada pemanasan terlebih dahulu, atau dia baru saja masuk sebagai anggota klub sepeda. Dia langsung gowes dengan kecepatan yang sama dengan orang-orang yang sudah lama (menekuni olahraga bersepeda)," jelas dr Vito di live Instagram bersama detikcom, Jumat (24/7/2020).

"Dia juga gowes dengan durasi yang lebih lama dari yang dia lakukan sebelumnya. Tanpa persiapan, jadi ini memang baru pertama kali dengan intensitas yang tinggi," tambahnya.

Selain itu, dr Vito menambahkan, mereka yang kolaps saat bersepeda umumnya terlalu memaksakan diri. Banyak juga dari mereka yang memiliki penyakit jantung tapi tidak menyadarinya.

"Ada lagi, kalau mereka mungkin selama ini sudah biasa gowes tapi mereka nggak tahu kalau mereka punya penyakit jantung," ujar dr Vito.

"Atau yang sering adalah, penyakit jantung koroner atau penyakit penyempitan pembuluh darah jantung. Ini sering pada orang selama ini mereka merasa baik-baik aja," pungkas dr Vito.

Bagaimana menghindarinya? Pastinya, kenali kondisi tubuh dengan sering-sering check up dan periksa jantung.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)