Rabu, 23 Des 2020 07:00 WIB

Kilas Bugar 2020

5 Olahraga yang Naik Daun di 2020, Tanpa Kumpul-kumpul karena Pandemi

Farah Nabila - detikHealth
Athlete on racing bike outdoors at sunset, close-up Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang ngehits di 2020 (Foto: Getty Images/iStockphoto/ArtistGNDphotography)
Topik Hangat Kilas Bugar 2020
Jakarta -

Pandemi COVID-19 menuntut semua orang untuk menjaga tubuh tetap sehat. Salah satunya dengan rutin berolahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar. Meskipun banyak tempat kebugaran ditutup, ada beberapa jenis olahraga yang naik daun di tahun 2020.

Tren bersepeda menjadi olahraga yang diminati banyak orang selama masa pandemi virus Corona. Tak perlu menyewa pelatih khusus, kita bisa melakukan jenis olahraga ini sendiri atau bersama kerabat dan keluarga.

Selengkapnya, berikut detikHealth merangkum beberapa jenis olahraga yang booming di tahun 2020.

1. Sepeda

Bersepeda menjadi salah satu jenis olahraga favorit di tengah pandemi COVID-19. Jenis olahraga ini dapat dilakukan dari berbagai usia. Biasanya, banyak orang yang memilih bersepeda untuk sarana rekreasi atau menyegarkan pikiran.

Bersepeda juga dapat menurunkan berat badan yang berlebih. Selain itu, jenis olahraga ini dapat meningkatkan kebugaran yang lebih baik secara keseluruhan seperti meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi risiko jantung dan risiko kanker.

2. Yoga

Pada masa pandemi COVID-19, kita lebih baik untuk melakukan seluruh aktivitas di rumah. Yoga menjadi salah satu tren olahraga di masa pandemi, hal ini karena yoga mudah bagi pemula dan dapat dilakukan di rumah.

Latihan yoga berfokus pada pernapasan, kekuatan, dan fleksibilitas untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Selain membuat tubuh bugar, yoga dapat menghilangkan stres dan membuat tubuh lebih rileks.

3. HIIT (High Intensity Interval Training)

HIIT merupakan variasi olahraga yang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan. Jenis olahraga ini melibatkan aktivitas fisik dengan intensitas tinggi lalu diselingi dengan istirahat. Pola interval ini diulang-ulang dalam beberapa set.

Biasanya, latihan HIIT berlangsung selama 10-30 menit. Latihan ini dipercaya mampu membakar lebih banyak kalori dibandingkan melakukan ritme yang monoton. Variasi HIIT bisa diterapkan pada berbagai macam olahraga seperti latihan angkat beban, bersepeda, dan berlari di atas treadmill.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Denada Tambunan untuk Pemula yang Ingin Olahraga Zumba"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Kilas Bugar 2020