Senin, 09 Mei 2022 14:00 WIB

Jakarta Punya Lintasan Sepatu Roda JIRTA, Bisa untuk Umum?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Lintasan sepatu roda JIRTA Lintasan sepatu roda JIRTA (Foto: Mochammad Fajar Nur/detikHealth)
Jakarta -

Belakangan viral video di sosial media yang berisi sekelompok pesepatu roda tengah berlatih di tengah jalan raya, tepatnya di Jl Gatot Subroto, Jakarta Sekatan. Banyak yang berkomentar, kenapa nggak bersepatu roda di JIRTA?

Netizen yang ikut geram melihat video tersebut berkomentar pada para pesepatu roda tersebut untuk bermain di arena yang sudah tersedia, salah satunya menyebutkan bahwa di Jakarta telah ada fasilitas arena bermain sepatu roda yang bernama Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA), yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara.

Ketua Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Sal, menyatakan bahwa di JIRTA sendiri telah ada 6 klub resmi sepatu roda yang rutin berlatih.

Cing Ical, sapaan akrabnya, menyatakan bahwa semua fasilitas bisa dinikmati untuk orang umum, dengan persyaratan mendaftar ke salah satu klub yang ada di sana.

"Kita di DKI ada 8 klub resmi, yang 6 latihan di JIRTA, sisanya ada venue masing-masing", ujar Ical dihubungi detikcom, Senin (9/5/2022).

"Jadi bagi masyarakat umum silakan saja datang, daftar ke klub jadi enak. Latihannya juga jelas," sambungnya.

Lintasan sepatu roda JIRTALintasan sepatu roda JIRTA berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Foto: Mochammad Fajar Nur/detikHealth

Ical menjelaskan, masyarakat umum yang ingin bermain sepatu roda di JIRTA harus masuk ke salah satu klub resmi di sana. Keuntungan masuk klub, jika berprestasi bisa terdata dengan baik dan ada peluang mendapatkan beasiswa.

"Kalo buat umum harus masuk klub dulu, soalnya biar resmi dan enak satu jalur kan? Nanti kalau ada prestasi bisa kita arahkan beasiswa juga, banyak di kita," bebernya.

Ia berpendapat jika JIRTA dibuka untuk masyarakat umum tanpa melalui jalur klub resmi, dikhawatirkan tidak ada yang melatih secara benar dan malah membuat fasilitas tidak terjaga dengan baik.

"Kalo kita buka umum kan ribet nanti, yang latihan gak ada yang ngatur. Udah gitu nanti pakainya asal malah rusak fasilitas. Saya dan kawan-kawan 20 tahun perjuangin itu (JIRTA) biar ada," pungkasnya.

Selain lebih nyaman, bermain sepatu roda di lintasan seperti JIRTA juga jauh lebih aman dibandingkan di jalan raya. Keselamatan lebih terjamin dan tentunya tidak berisiko mengganggu kelancaran lalu lintas umum.



Simak Video "Melihat JIRTA, Satu-satunya Lintasan Sepatu Roda Jakarta Bertaraf Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)