Senin, 09 Mei 2022 18:28 WIB

Harus Masuk Klub, Ini Alasan Track Sepatu Roda JIRTA Tak Dibuka untuk Individu

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Lintasan sepatu roda JIRTA Lintasan sepatu roda JIRTA (Foto: Mochammad Fajar Nur/detikHealth)
Jakarta -

Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA) tengah jadi perbincangan menyusul video viral sekelompok pesepatu roda yang melintas di Jl Gatot Subroto. Banyak orang penasaran, kenapa tidak main sepatu roda di lintasan khusus yang sudah ada di Jakarta?

Bagi atlet, mungkin tidak terlalu sulit mengikuti saran tersebut. Namun bagi orang kebanyakan, tampaknya butuh usaha ekstra karena lintasan khusus JITRA tidak dibuka untuk perseorangan. Pengunjung wajib bergabung dengan klub resmi yang terdaftar.

Ketua Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PORSEROSI) Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Sal menyebut ada 8 klub resmi yang terdaftar. Individu yang resmi masuk ke dalam klub akan dilatih dengan jadwal dan metode latihan yang menyesuaikan agenda klub masing-masing.

"Silakan masuk di antara salah satu klub dan ikuti peraturan masing-masing, jadwal latihan dan metode pelatih ada masing-masing," ujar Ical, sapaan akrabnya, pada detikcom (9/5/2022).

"Jadi bagi masyarakat umum silakan saja datang, daftar ke klub jadi enak. Latihannya juga jelas," sambungnya.

Ia mengemukakan alasannya mengapa JIRTA tidak bisa dipakai untuk individu umum.

Ical berpendapat, dengan memasuki klub resmi akan lebih baik karena akan ada yang melatih dengan betul. Selain itu, jika dipakai individu umum, ia khawatir fasilitas JIRTA akan rusak.

"Kalo kita buka umum kan ribet nanti, yang latihan gak ada yg ngatur. Udah gitu nanti pakenya asal malah rusak fasilitas. Saya dan kawan-kawan 20 tahun perjuangin itu (JIRTA) biar ada," pungkasnya.



Simak Video "Atlet Sepatu Roda Berlatih di Jalan Raya Disebut Wajar"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)