Tertarik Belajar Inline Skate? Kenali 5 Kategori dalam Olahraga Sepatu Roda

ADVERTISEMENT

Tertarik Belajar Inline Skate? Kenali 5 Kategori dalam Olahraga Sepatu Roda

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Kamis, 12 Mei 2022 17:45 WIB
Beginilah Potret lintasan khusus sepatu roda JIRTA (Jakarta International Roller Track Arena) yang berada di Sunter, Jakarta Utara. Arena ini memiliki lintasan oval sepanjang 200 meter. Latihan berkelompok di tempat ini dibagi berdasarkan tingkat ketrampilan, dari yang masih pemula hingga atlet profesional.
Foto: AN Uyung Pramudiarja
Jakarta -

Olahraga sepatu roda mendadak viral diperbincangkan akhir-akhir ini. Setelah beredarnya video viral pesepatu roda yang melintas di jalan raya Gatot Soebroto, tidak sedikit yang mendadak menjadi penasaran ingin mencoba olahraga ini.

Asisten pelatih Timnas sepatu roda, Karta Wibawa, mengatakan bahwa dalam olahraga sepatu roda banyak memiliki kategori. Kategori ini nantinya bisa dipilih bagi mereka yang telah lancar belajar dasar-dasar sepatu roda.

"Dari standard baru mereka bisa pilih kategori, ada speed, ada freestyle dan lainnya ada 5 kategori. Biasanya nanti milih mau ke mana, tapi kadang diarahkan ke pelatih yang melihat bakatnya dia di mana," ujar Karta ditemui detikcom, Rabu (12/5/2022).

Lima kategori tersebut menurut Karta terdiri dari Speed, Aggressive, Freestyle, Artistik, dan Downhill.

"Ada kategori speed, ada aggressive, aggressive tuh yang di skatepark. Ada kategori freestyle juga, terus ada sepatu roda artistik, dia kayak yang balet-balet gitu tapi di sepatu roda. Sama terakhir ada downhill yang tracknya turun gunung," sambungnya.

Berikut ini lima kategori olahraga sepatu roda yang dikatakan Karta, beserta beberapa perbedaan dan ciri khasnya masing-masing.

Speed

Kategori Speed Inline Skate biasanya dimainkan untuk adu kecepatan dalam sebuah kompetisi. Dikutip dari Inline Speed Skater, kategori olahraga ini juga bisa dimainkan dalam format estafet. Tim estafet terdiri dari dua hingga empat skater, bisa pria atau wanita, dan mendorong skater di belakang mereka untuk saling melanjutkan balap.

Karta mengatakan biasanya sepatu yang dipakai dalam kategori speed ini lebih kecil dan terbuat dari karbon.

"Speed tingginya se-ankle dan biasanya keras dari karbon," ujarnya.

Freestyle

Dikutip dari website resmi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Freestyle atau slalom skating adalah bidang sepatu roda (inline skating) yang sangat teknis melibatkan trik.

"Kalo freestyle biasanya melewati cone kecil, dan pakai musik biasanya," ujar Karta.

Para pemain freestyle akan meluncur di sekitar garis lurus dari kerucut (cone) disusun dengan jarak atau spasi. Jarak yang paling umum digunakan dalam kompetisi adalah 80cm, namun ada juga yang menggunakan jarak pada 50cm dan 120cm.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT