Lebih Efektif Olahraga Pagi atau Sore? Cowok Vs Cewek Ternyata Beda

ADVERTISEMENT

Lebih Efektif Olahraga Pagi atau Sore? Cowok Vs Cewek Ternyata Beda

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 05 Jun 2022 07:10 WIB
Young woman feeling tired after a good workout outdoors.
Olahraga pagi vs sore hari, mana yang lebih efektif? (Foto: iStock)
Jakarta -

Lebih efektif olahraga pagi atau sore? Jawabannya ternyata bervariasi, tergantung untuk cowok atau cewek, karena efeknya berbeda pada keduanya.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkap ada perbedaan waktu terbaik untuk olahraga berdasarkan jenis kelamin. Pada pria, sore hari memberikan efek paling optimal untuk membakar lemak, sedangkan pada perempuan pagi hari lebih dianjurkan.

Temuan ini dinilai cukup menarik, karena selama ini berbagai penelitian sejenis lebih didasarkan pada riset di kalangan pria. Sementara itu, perbedaan hormonal dan jam biologis membuat efeknya bisa berbeda pada wanita.

Penelitian ini dilakukan pada 30 pria dan 26 wanita, seluruhnya sehat dan aktif secara fisik. Selama 12 pekan, para partisipan menjalani program kebugaran dan diamati perkembangannya.

Salah satu kelompok berolahraga selama satu jam pada pukul 08.30 pagi sedangkan kelompok lain menjalankan program yang sama pada sore hari pukul 18.00 dan 20.00. Agar bisa dibandingkan, para partisipan juga menjalani diet yang sama.

Para peneliti mengamati tekanan darah, komposisi lemak tubuh, dan juga performa fisik seperti kelenturan maupun kekuatan. Pengukuran dilakukan di awal dan akhir penelitian.

Hasilnya, seluruh partisipan mengalami peningkatan performa fisik dan kesehatan. Artinya, olahraga pada pukul berapapun sama-sama memberikan efek yang baik dan bermanfaat.

"Waktu terbaik untuk olahraga adalah waktu terbaik ketika kamu bisa melakukannya dan sesuai dengan jadwal Anda," kata Dr Paul Arcerio dari Skidmore College di New York, yang melakukan penelitian itu, dikutip dari BBC.

NEXT: Bicara waktu paling optimal, pria dan wanita berbeda.



Simak Video "Studi Sebut Diet Rendah Lemak Lebih Efektif Dibandingkan Keto"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT