Kamis, 24 Des 2020 06:28 WIB

Kilas Bugar 2020

Riset-riset Kesehatan Paling Unik di 2020, Alis Tebal Lebih Narsis?

Zintan Prihatini - detikHealth
Medical researcher holding test tube with blue fluorescent liquid Riset-riset unik di 2020 (Foto: iStock)
Topik Hangat Kilas Bugar 2020
Jakarta -

Tahun 2020 diwarnai berbagai hal, penemuan atau penelitian aneh merupakan salah satunya. Sepanjang 2020, ada berbagai macam penelitian yang masuk kategori tak biasa atau unik.

Beberapa penelitian aneh bahkan memenangkan penghargaan di Ig Nobel Prize 2020. Ajang penghargaan tersebut merupakan acara tahunan untuk menghormati, mengapresiasi sains atau penemuan aneh dalam berbagai disiplin ilmu, salah satunya di bidang kesehatan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut penelitian aneh dan unik sepanjang 2020.

1. Penelitian anti-penuaan

Penelitian yang akan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang ini diteliti seorang pengusaha bernama Dave Asprey. Ia ingin menemukan cara untuk melawan penuaan bagi kaum elit yang mampu membayar untuk penemuannya.

Asprey mengklaim bahwa perawatan anti-penuaan dapat melindungi tubuh dari penyakit.

"Anda akan memiliki tingkat ketahanan dan energi untuk melawan apa yang dihadapi. Jika Anda tertular COVID-19, kecil kemungkinan untuk sakit," jelas Asprey, dikutip dari Robb Report.

Penelitian ini dinilai terlalu ekstrem dan kontroversial karena pria berusia 48 tahun itu menjadikan tubuhnya sendiri sebagai bahan penelitian. Ia menyuntikkan sel punca dari sumsum tulang dan lemaknya sendiri ke berbagai lokasi di tubuhnya.

2. Bayi dilahirkan dari embrio berusia 27 tahun

Seorang bayi perempuan bernama Molly Gibson lahir pada 27 Oktober 2020 dan mengejutkan publik karena kelahirannya berasal embrio yang telah dibekukan selama 27 tahun. Orang tua bayi, Tina dan Ben Gibson mengaku kesulitan memiliki keturunan hingga memutuskan untuk mengadopsi embrio dari Pusat Donasi Embrio Nasional (NEDC).

Sebelum melahirkan Molly, Tina pernah mengadopsi embrio lain pada 2017 dan melahirkan puterinya bernama Emma Gibson. Molly dan Emma merupakan saudara kandung.

Kedua embrio itu disumbangkan dan dibekukan bersama pada 1992, NEDC mengatakan bahwa embrio Emma berusia 24 tahun saat diadopsi dan saat ini rekor embrio tertua yang dibekukan hingga menghasilkan kelahiran dipegang oleh embrio Molly yang berusia 27 tahun.

Salah satu penelitian di 2020 menyimpulkan pemilik alis tebal cenderung narsis. Selengkapnya baca di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Organisasi Hak Asasi Binatang Menentang Transplantasi Organ Babi ke Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Kilas Bugar 2020