Minggu, 17 Okt 2021 13:34 WIB

5 Alasan Nonton Final Piala Thomas Bisa Menyehatkan Fisik dan Mental

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
anthony ginting piala thomas piala thomas 2020 thomas cup thomas cup 2020 Menantikan aksi Anthony Ginting di final Piala Thomas 2020 (Foto: Yohan Nonotte/Badminton Photo)
Jakarta -

Laga final Piala Thomas 2020 antara Indonesia vs China akan digelar hari ini. Indonesia memastikan tiket ke final setelah menundukkan tuan rumah, Denmark dengan skor 3:1.

Ternyata, selain untuk hiburan dan menyaksikan tim kesayangan bertanding menonton pertandingan olahraga, seperti Piala Thomas 2020 juga bisa menyehatkan fisik dan mental.

Sayangnya, tak sedikit orang yang menonton olahraga di TV sering dicap sebagai orang yang malas dan tidak sehat lantaran menghabiskan sebagian waktunya menonton di depan TV. Padahal, menonton pertandingan olahraga dapat bermanfaat terhadap kesehatan fisik dan mental.

Berikut rangkumannya:

1. Menurunkan risiko depresi

Depresi dan kecemasan adalah dua kondisi kesehatan mental yang cukup sering terjadi, terutama di masa pandemi. Menonton olahraga seringkali membuat orang merasa ikut serta dalam sebuah pertandingan, bukan hanya sebagai penonton. Ini merupakan salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan suasana hati.

Meski tak dapat dipungkiri seseorang bisa merasakan depresi jika tim jagoannya kalah, tetapi rasa frustasi ini bersifat sementara dan segera tergantikan dengan antisipasi untuk pertandingan berikutnya.

2. Mendorong untuk berolahraga langsung

Sebagian orang mungkin berpikir duduk di kursi sembari menonton olahraga di TV berarti tidak ada olahraga sama sekali yang dilakukan. Dikutip The Sports Daily, Minggu (17/10/2021), sebenarnya selama menonton olahraga otak sedang berolahraga.

Sebab, pikiran akan terus-menerus berdengung, mencoba mencari tahu apa yang dibutuhkan dalam permainan untuk mendapatkan poin maksimal, atau menganalisis kinerja pemain tertentu.

Selain itu, bagi banyak orang, menonton acara olahraga di TV seperti sepak bola atau bulutangkis, dapat mendorong mereka merasakan langsung sensasi permainan sendiri dan mulai bermain sepak bola atau bulutangkis.

3. Membangun hubungan

Mendukung tim kesayangan atau atlet unggulan bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan penggemar lain. Tak jarang Anda berkenalan dengan orang baru dan memperluas koneksi dengan sesama penggemar.

Selanjutnya
Halaman
1 2