Selasa, 10 Mei 2022 05:25 WIB

Round Up

Dilema Bersepatu Roda di Jakarta, Ogah di Jalan Tapi Lintasan Cuma Satu

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Feet of rollerbladers wearing inline roller skates sitting in outdoor skate park, Close up view of wheels befor city race for healthy and active life Sepatu roda (Foto: Getty Images/iStockphoto/ok_kate)
Jakarta -

Viral atlet sepatu roda yang masuk jalan raya di ibukota bikin geram banyak kalangan. Di sisi lain, terbatasnya sarana untuk olahraga ini juga perlu dapat sorotan.

Di Jakarta, fasilitas yang terbilang representatif untuk bersepatu roda hanya tersedia di Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA), yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Itupun hanya bisa diakses oleh pesepatu roda yang tergabung dalam klub resmi.

"Jelas (terkait keterbatasan fasilitas). Tempat kan hanya satu, pasti rebutan. Kita tatalah klub-klub jam sekian-jam sekian. Jadi setiap seminggu dua kali per dua jam," kata Ketua Umum Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) DKI Jakarta Muhammad Sal.

"Seminggu dua kali kalau sebulan menjadi delapan kali, sama semua klub. Kita kasih fasilitas untuk Pelatnas, di situ juga," sambung Ical, sapaannya, dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (9/5/2022).

Lintasan sepatu roda JIRTALintasan sepatu roda JIRTA di Sunter, Jakarta Utara Foto: Mochammad Fajar Nur/detikHealth

Sebenarnya, lintasan khusus untuk inline skate ini boleh digunakan oleh siapapun. Namun Ical menjelaskan, salah satu syaratnya adalah bergabung dengan klub resmi agar pemanfaatannya lebih terkontrol.

"Kalo kita buka umum kan ribet nanti, yang latihan gak ada yang ngatur. Udah gitu nanti pakeanya asal malah rusak fasilitas. Saya dan kawan-kawan 20 tahun perjuangin itu (JIRTA) biar ada," ujar Ical.

"Jadi bagi masyarakat umum silakan saja datang, daftar ke klub jadi enak. Latihannya juga jelas," bebernya.

Lihat video 'Viral Rombongan Pesepatu Roda Latihan di Tengah Jalan Gatot Subroto':

[Gambas:Video 20detik]



NEXT: Permintaan maaf terkait video viral pesepatu roda latihan di jalan raya.

Selanjutnya
Halaman
1 2