Kamis, 12 Mei 2022 19:15 WIB

Catat! Siapkan Perlengkapan Ini Jika Ingin Mulai Belajar Sepatu Roda

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Beginilah Potret lintasan khusus sepatu roda JIRTA (Jakarta International Roller Track Arena) yang berada di Sunter, Jakarta Utara. Arena ini memiliki lintasan oval sepanjang 200 meter. Latihan berkelompok di tempat ini dibagi berdasarkan tingkat ketrampilan, dari yang masih pemula hingga atlet profesional. Foto: AN Uyung Pramudiarja
Jakarta -

Tertarik belajar sepatu roda? Selain harus punya sepatu roda, tentunya harus memperhatikan juga perlengkapan dasar termasuk protective gear.

Menyiapkan perlengkapan sebelum berlatih sepatu roda adalah salah satu kunci keselamatan dalam olahraga ini.

Asisten pelatih Timnas sepatu roda, Karta Wibawa, menyarankan bagi pemula untuk memilih sepatu roda yang memang diperuntukkan pemula yakni tipe standard. Ini adalah tipe sepatu roda bagi yang belum jago-jago amat meluncur.

"Harus memilih sepatu pemula yang standard. Sepatu kategori standard, biasanya lebih tinggi jadi lebih safety buat ankle, dan rodanya masih kecil," ujarnya ditemui detikcom pada sesi latihan di JIRTA (Jakarta Imternational Roller Track Arena), Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/5/2022).

Menurutnya selain menyiapkan sepatu yang sesuai kategori pemula, penting juga menyiapkan perlengkapan pelindung dasar seperti helm, pelindung telapak tangan, lutut, dan siku.

"Tipsnya yang pertama diperhatikan safety first, paling utama harus safety dulu dengan protector alat lengkap. Helm, protector telapak tangan, lutut, dan siku," bebernya.

Dikutip dari Kids Health, helm dan pelindung lutut dan siku termasuk perlengkapan dasar yang harus pesepatu roda pemula miliki. Meski demikian, para pesepatu roda yang sudah mahir dan juga para atlet profesional umumnya hanya menyisakan helm sebagai alat proteksi. Pelindung siku dan lutut jarang dipakai karena mengganggu gerakan.

Berikut ini beberapa perlengkapan pesepatu roda yang pemula perlu miliki, beserta beberapa kegunaanya.

Sepatu roda

Sepatu roda harus nyaman, dengan dukungan pada bagian pergelangan kaki yang baik. Untuk memeriksa apakah sepatu roda memberikan dukungan yang dibutuhkan, rasakan plastik bootnya. Kalau bisa ditekan, bahannya kurang kuat. Selalu kencangkan sepatu roda.

Helm

Gunakan helm yang didesain khusus untuk inline skating atau skateboard. Bentuk helm Ini turun lebih rendah di bagian belakang, menuju dasar tengkorak, untuk perlindungan yang lebih baik jika jatuh ke belakang. Pastikan helm terpasang dengan benar. Dan selalu kencangkan tali pengikat dagu agar helm tidak lepas.

Bantalan lutut, bantalan siku, dan pelindung pergelangan tangan
Ini membantu mencegah goresan pada kulit jika terjatuh. Selain itu bisa juga melindungi tulang jika jatuh.

Sarung tangan

Ini bisa menjaga jari tetap aman. Gunakan sarung tangan yang sesuai dengan ukuran agar terlindungi dengan baik. Sarung tangan sifatnya optional.

Jika perlu, gunakan pelindung mulut. perlengkapan ini dapat membantu melindungi gigi dan mulut jika terjadi benturan atau jatuh. Dengan pelindung mulut bisa meminimalisir benturan pada bagian gigi.



Simak Video "Melihat JIRTA, Satu-satunya Lintasan Sepatu Roda Jakarta Bertaraf Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)