Selasa, 22 Des 2020 07:30 WIB

Kilas Bugar 2020

5 Kematian Akibat Sakit Jantung di 2020, Ashraf Sinclair hingga Didi Kempot

Zintan Prihatini - detikHealth
5 Kematian Akibat Sakit Jantung di 2020, Ashraf Sinclair hingga Didi Kempot 5 Kematian terkait sakit jantung di 2020 (Foto: diolah)
Topik Hangat Kilas Bugar 2020
Jakarta -

Sederet kabar duka dari kalangan pesohor terjadi sepanjang 2020, sebagian di antaranya terkait penyakit jantung. Kematian yang mendadak dan bahkan bisa dialami oleh sosok yang kelihatannya bugar umumnya berhubungan dengan masalah jantung.

Ada berbagai masalah jantung yang bisa berdampak pada kematian. Selain serangan jantung juga ada gagal jantung, pembengkakan jantung, dan gangguan irama jantung. Masing-masing juga bisa saling berhubungan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima kematian tokoh yang dikaitkan dengan penyakit jantung sepanjang 2020.

1. Ashraf Sinclair

Aktor asal Malaysia Ashraf Sinclair diketahui meninggal akibat serangan jantung di usia 40 tahun. Ashraf Sinclair menghembuskan napas terakhirnya pada (18/02/2020) pukul 04.51 di RS MMC Kuningan, Jakarta.

Sebelum meninggal, suami Bunga Citra Lestari itu sempat melakukan olahraga crossfit selama satu jam dan tak mengeluhkan gejala apapun. Ia dikenal memiliki hidup sehat dan kerabatnya mengklaim bahwa Ashraf tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

2. Didi Kempot

Penyanyi campur sari Didi Prasetyo atau yang akrab disapa Didi Kempot meninggal dunia pada Selasa (05/05/2020) di RS Kasih Ibu Solo. Sebelumnya pria berusia 53 tahun ini merasa kelelahan saat malam, hingga saat pagi ia dilarikan ke rumah sakit karena tak sadarkan diri.

"Tiba di IGD pagi ini pukul 07.25, kondisi tidak sadar, henti jantung, henti napas. Dilakukan tindakan resusitasi, namun pasien tidak tertolong," ujar Asisten Manajer Humas RS Kasih Ibu, Divan Fernandez pada detikcom Selasa (5/5/2020).

3. Diego Maradona

Kepergian legenda sepak bola asal Argentina Diego Maradona mengejutkan penggemar bola di seluruh dunia. Maradona meninggal di usia 60 tahun akibat henti jantung di rumahnya, Rabu (25/11/2020).

Sebelum meghembuskan napas terakhir, Maradona sempat menjalani operasi hematoma subdural. Pada pertengahan November ia diperbolehkan pulang namun tak ada kabar terkait kondisnya, hingga berita meninggalnya mantan pemain Barcelona dan Napoli ini beredar.

Berikutnya, Ki Seno Nugroho dan Melisha Sidabutar. Klik halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Waspada Tanda-tanda Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Kilas Bugar 2020