Selasa, 29 Des 2020 07:30 WIB

10 Kabar Duka Terkait Kanker di 2020, Ria Irawan hingga Eddie Van Halen

Kanya Anindita - detikHealth
Kaleidoskop kesehatan 2020 Para pesohor yang meninggal karena kanker di 2020 (Foto: dok. diolah)
Topik Hangat Kilas Bugar 2020
Jakarta -

Kerap terlambat dideteksi, kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan. Sepanjang 2020, sejumlah kabar duka dari kalangan pesohor juga dikaitkan dengan riwayat kanker.

Dikutip Mayo Clinic, kanker merupakan pertumbuhan abnormal sel-sel tubuh secara tidak terkontrol sehingga merusak fungsi normal tubuh. Berbeda dengan tumor biasa, sel-sel kanker bisa 'menyebar' atau mengalami metastasis ke berbagai bagian tubuh.

Meski termasuk jenis penyakit paling mematikan, risiko kematian akibat kanker sebenarnya bisa dicegah atau dikurangi dengan deteksi dini. Perkembangan teknologi kedokteran juga memungkinkan untuk mengontrol kanker.

Beberapa sosok yang meninggal dengan riwayat kanker sepanjang 2020 antara lain sebagai berikut:

1. Ria Irawan

Aktris senior Ria Irawan sudah bergelut melawan kanker sejak 2014 ketika ia kedapatan mengidap kanker getah bening stadium 3. Sempat dinyatakan 'sembuh', kanker yang dialami Ria Irawan kembali datang dan menyebar ke berbagai organ tubuh, termasuk di kepala.

Ria Irawan meninggal 6 Januari 2020 dalam perawatan di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

2. Alan Harris

Bintang film "Star Wars" Alan Harris telah didiagnosis kanker paru-paru sejak 2018. Aktor berkebangsaan Inggris ini wafat di usia 81 tahun pada hari Sabtu, 25 Januari 2020.

3. Sofyan Hadi

Mantan pelatih Persija ini menghembuskan napas terakhir pada Rabu, 11 Maret 2020 dan dimakamkan di Ciomas, Bogor. Sebelumnya, ia mengidap kanker tulang stadium akhir sejak 2014 yang membuat dirinya harus bolak balik rumah sakit.

4. Bob Hasan

Sosok pengusaha Bob Hasan meninggal dunia akibat kanker paru-paru pada Selasa, 31 Maret 2020 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD), Jakarta. Wafat di usia 89 tahun, pria ini mengidap metastasis kanker paru-paru sejak lama.

Dikutip dari Cancer.ca, penyakit ini bermula dari kanker paru-paru yang kemudian menyebar ke beberapa organ tubuh. Umumnya, penyakit ini menyerang pasien kanker stadium akhir.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Topik Hangat Kilas Bugar 2020